Selasa, 04 Desember 2012

Pengaruh kelas sosial dan status pada pembelian



Pengaruh kelas sosial dan status pada pembelian
Sudah tidak asing lagi dalam kehidupan bermasyarakat terdapatnya kelas sosial yang membedakan si kaya dan si miskin, pembagian anggota masyarakat ke dalam suatu lapisan status kelas yang berbeda Dalam lingkungan masyarakat, dan  kita melihat bahwa ada pembeda-bedaan yang berlaku serta diterima secara luas oleh masyarakat.
Kelas sosial adalah perbedaan dari kriteria-kriteria ekonomi dan sekelompok manusia yang menempati lapisan tersebut,  Kelas sosial timbul karena adanya perbedaan dalam penghormatan pada status sosialnya. misal nya saja seorang yang mempunyai jabatan tinggi, gelar, harta yang berlimpah akan lebih dihormati dan berada pada lapisan atas didalam kehidupan bermasyarakat.
Pengaruh Kelas Sosial dan Status Terhadap Pembelian dan Konsumsi  sangat berpengaruh, kelas sosial dan lapisan sangat penting untuk para produsen karena dapat membedakan target sasaran produsen tersebut apa untuk status yang lebih tinggi atau untuk status yang lebih rendah dalam menjual  produk mereka.
Gaya hidup dari lapisan atas pastinya akan berbeda dengan gaya hidup lapisan menengah dan bawah. Dengan uang yang banyak masyarakat yang berada dilapisan atas biasanya lebih konsumtif  dalam melakukan pembelian dan dapat membeli barang-barang mewah yang mahal harganya, sedangkan untuk kelas menengah dan bawah barang mewah adalah suatu pemborosan yang akan mereka lakukan jika dipaksakan untuk membelinya.

Sumber :
http://putraqwerty.blogspot.com/2012/11/pengaruh-kelas-sosial-dan-status-pada.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar