Apa yang dimaksud Kelas Sosial? “Kelas
sosial dapat didefinisikan sebagai pembagian anggota masyarakat ke dalam suatu
hierarki status kelas yang berbeda, sehingga para anggota setiap kelas secara
relatif mempunyai status yang sama dan para anggota kelas lainnya mempunyai
status yang lebih tinggi atau lebih rendah” dalam kata lain dimana antara yang
kaya dan miskin. Kelas sosial merupakan bentuk segmentasi yang hierarkis dan
alamiah, dikarenakan aspek hierarkis kelas sosial begitu penting bagi pemasar
dan produsen untuk menentukan konsumen mana yang akan dituju dari produk yang
telah diciptakan, apa untuk status yang lebih tinggi atau status yang lebih
rendah. Memang disini begitu terlihat begitu ada ketidakadilan dan jarak
terhadap konsumen, namun itu semua merupakan segmentasi yang alamiah karena
semua sudah terjadi
dan tercipta dengan sendirinya.
Pengaruh dari adanya kelas sosial
terhadap perilaku konsumen begitu tampak dari pembelian akan kebutuhan untuk
sehari-hari, bagaimana seseorang dalam membeli akan barang kebutuhan
sehari-hari baik yang primer ataupun hanya sebagai penghias dalam kelas sosial
begitu berbeda. Untuk kelas sosial dari status yang lebih tinggi akan membeli
barang kebutuhan yang bermerek terkenal, ditempat yang khusus dan memiliki
harga yang cukup mahal. Sedangkan untuk kelas sosial dari status yang lebih
rendah akan membeli barang kebutuhan yang sesuai dengan kemampuannya dan
ditempat yang biasa saja. Adapun yang merupakan ukuran kelas sosial dari
konsumen yang dapat diterima secara luas dan mungkin merupakan ukuran kelas
sosial terbaik terlihat dari pekerjaan, pendidikan dan penghasilan. Sebagai
contoh pengaruh kelas sosial terhadap perilaku konsumen dalam ukuran
penghasilan untuk berlangganan surat kabar / majalah seperti Tabel berikut :
Tabel 1.
Penghasilan rata-rata rumah tangga para pembaca dan berbagai
terbitan pilihan
Surat Kabar /
Majalah Penghasilan
Rumah Tangga Rata-Rata ($)
Wall Street Journal 86.109,4
New York Times Daily 78.075,5
Time 52.283,5
National Geographic 49.561,4
Playboy 39.759,1
Ebony 27.744,8
True Story 17.426,1
Wall Street Journal 86.109,4
New York Times Daily 78.075,5
Time 52.283,5
National Geographic 49.561,4
Playboy 39.759,1
Ebony 27.744,8
True Story 17.426,1
Peranan dan Status
Sepanjang kehidupan, seseorang akan terlibat dalam beberapa
kelompok baik secara langsung maupun tidak langsung, misalnya :
keluarga, klub dan organisasi. Kedudukan seseorang dalam setiap kelompok dapat
diartikan sebagai Peranan dan Status.
a.
Faktor Pribadi
Keputusan seorang pembeli juga
dipengaruhi oleh ciri-ciri kepribadiannya, termasuk usia dan daur hidupnya,
pekerjaannya, kondisi ekonomi, gaya hidup, kepribadian dan konsep diri.
Faktor Psikologis
Pilihan seseorang membeli juga
dipengaruhi oleh empat faktor psikologis utama, yaitu : motivasi, persepsi
belajar, kepercayaan dan sikap. Motivasi seperti yang diterangkan oleh teori
Robert Maslow: Dimulai dengan kebutuhan-kebutuhan fisiologis (lapar, haus),
disusul kebutuhan-kebutuhan keselamatan (perasaan aman, perlindungan), kemudian
kebutuhan-kebutuhan sosial (perasaan menjadi anggota lingkungan dan dicintai),
selanjutnya kebutuhan-kebutuhan untuk dihargai (harga diri, pengakuan, status)
dan mengkerucut ke kebutuhan-kebutuhan pernyataan diri (pengembangan dan
perwujudan diri).
Sebenarnya semua masyarakat
manusia menunjukan stratifikasi sosial. Stratifikasi kadang-kadang berupa
sistem kasta seperti di masyarakat India tradisional, di mana anggota dari
kasta yang berbeda dibesarkan untuk peraran-peranan tertentu dan tidak dapat
mengubah keanggotaan kasta mereka. Yang lebih lanjut adalah stratifikasi dalam
bentuk kelas sosial. Kelas sosial udalah divisi atau .
Kelas-kelas sosial ini menunjukan
kecenderungan penggunaan produk dan merek dalam bidang-bidang ter-tentu seperti
pakaian, perabotan rumah, kegiatan pada waktu luang, dan kendaraan. Beberapa
pemasar memfokuskan usaha mereka pada satu kelas social. Misalnya kios pakaian
di asar malam yang berfokus pada pelanggan kelas menengah dan bawah.
Dikutip dari :
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/01/pengaruh-kelas-sosial-terhadap-perilaku-konsumen/
http://raditaanggraeni.blogspot.com/2010/12/faktor-yang-mempengaruhi-perilaku-konsumen/
dan hasil editan sendiri
http://adjie-putra14.blogspot.com/2011/11/pengaruh-kelas-dan-status-sosial.htm
Tidak ada komentar:
Posting Komentar